Asal-Muasal dari Kata "Bajingan"

Anti Mage 01 Nov 2016 - 09:08 0 Komentar

Kata Bajingan sudah tidak asing lagi di mata kalian semua, kata ini dari dulu sampai sekarang sering digunakan sebagai umpatan karena suatu hal. Bagi masyarakat umum kata bajingan ini sudah di anggap sebagai kata yang sangat buruk, kasar serta tidak sopan. Ya memang Namun hal ini karena ada sejarahnya, semakin lama bahasa gaul semakin modern saja.

Sejarah Kata Bajingan bisa jadi sebagai kata Umpatan
Bajingan mempunyai arti atau makna sebagai sebutan lain dari "Tukang Angon Bebek". Ternyata Bajingan adalah sebuah profesi, yaitu pengemudi gerobak sapi atau kusir gerobak yang ditarik oleh sapi. Kenapa profesi yang cukup baik ini menjadi sebuah kata umpatan?

Konon dulu ada cerita di Jawa pada masa dimana belum begitu banyak kendaraan seperti sepeda ontel di kalangan masyarakat dan hanya sedikit orang saja yang mempunyainya, Jadi kalau mau berpergian ke kota untuk urusan dagang atau sekedar mejeng dan sebagainya mengandalkan transportasi gerobak sapi ini, dengan ikut nebeng.

Karena jam lewatnya yang tidak tentu, kadang lewat pagi, siang, sore, bahkan di malam hari, kadang yang menunggu berjam-jam jadi tidak sabar,"Bajingane kok suwe temen!" atau "Tekane suwe temen sih bajingan!" yang berarti lama sekali bajingan datangnya. Nah dari sinilah terus ada pergeseran arti dari kata bajingan. Dahulu pun kata bajingan digunakan untuk menggambarkan keterlambatan seseorang atau sesuatu. "Suwe temen sih kaya bajingan!". Lama bener sih seperti bajingan! Saat ini kata bajingan, yang sejak saya kecil sudah sering saya dengar dan kukira berasal dari kata hewan bajing, menjadi sebuah umpatan yang umum, tidak lagi merujuk pada keterlambatan seseorang atau sesuatu. Sungguh pergeseran makna kata yang cukup unik di negeri ini, sehingga bergeser sangat jauh dari makna bajingan sesungguhnya.

Itulah kenapa saat ini kata bajingan sering di gunakan sebagai umpatan bahkan di cap sebagai kata yang begitu buruk di mata masyarakat terutama kalangan umum, kata ini sangat tidak pantas di ucapkan. So sudah cukup sekian, sampai di sini saja.

Komentar

0 Tanggapan dari "Asal-Muasal dari Kata "Bajingan""

Komentar baru











Please refresh...

Smiley

aplikasi youtube downloader